Berita
Murid dan Orangtua SMPK Frateran Ndao Ende Kirim Bantuan Korban Bencana Adonara dan Lembata

Ditulis tanggal 26 Apr 2021 08:41:47


Para murid dan orangtua Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Frateran Ndao Ende menyalurkan bantuan untuk korban bencana di Adonara dan Lembata.

Para murid dan orangtua juga disupport oleh Badan Peduli Pendidikan (BP2) SMPK Frateran Ndao Ende. Bantuan dikirim melalui Kevikepan Ende, Keuskupan Agung Ende, Senin (19/4/2021).

Frater Yohanes Berchmans, Kepala SMPK Frateran Ndao Ende, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan, bantuan dari murid dan orangtua berupa sandang, sembako dan uang tunai.

Dia mengatakan, peristiwa bencana di Adonara dan Lembata, telah membuka mata dan pikiran serta menggugah nurani Civitas Academica SMPK Frateran Ndao untuk berempati.

"Oleh karena itu, sebagai wujud kepedulian kami terhadap sesama saudara yang terkena musibah, maka Civitas Academica SMPK Frateran Ndao melakukan penggalangan bantuan berupa: pakaian layak pakai dan sembako, dan lain sebagainya," kata Frater Yohanes.

Dia menguraikan, melalui tim kesiswaan SMPK Frateran Ndao, dibawah koordinasi Andreas Avelino Sumbi, langsung bergerak pertama - tama mengeluarkan surat pemberitahuan kepada semua peserta didik untuk melakukan pengumpulan bantuan.

Setelah itu, lanjutnya, tim kesiswaan membuka posko bencana Adonara dan Lembata di SMPK Frateran Ndao dari tgl 15 April hingga 17 April 2021.

"Dan puji Tuhan antusias peserta didik luar biasa, sehingga lumayan bantuan yg disumbangkan, walau kami menyadari, dalam situasi pamdemik covid 19 ini, anak - anak pasti juga hidup dalam kekurangan," ungkapnya.

Namun, lanjutnya, murid dan orangtua punya hati untuk sesama yang membutuhkan uluran tangan dari mereka.

"Anak anak SMPK Frateran Ndao telah memberi dari hatinya, dan mereka rela berbagi walau mereka sendiri tentunya hidup susah juga. Untuk itu, saya selaku kepala sekolah mengapresiasi untuk anak - anak SMPK Frateran Ndao dan juga para orang tua peserta didik yang telah menunjukkan rasa empatinya kepada sesama saudara di Adonara dan Lembata, " ungkapnya.

Dia menjelaskan, bagi SMPK Frateran Ndao, kepedulian kepada sesama merupakan buah dari pendidikan karakter yang dilaksanakan selama ini.

Lanjutnya, melalui pendidikan karakter, peserta didik tidak hanya mengolah pikir, tetapi juga mengolah hati, mengolah rasa dan mengolah raganya. "Dan dengan banyaknya bantuan yang diberikan, saya menilai anak - anak SMPK Frateran Ndao memiliki karakter yang baik nan positif," ujarnya.

Menurutnya 17 April 2021, posko bantuan telah ditutup, dan bantuan telah diantar ke Kevikepan Keuskupan Agung Ende oleh tim kesiswaan dan perwakilan peserta didik SMPK Frateran Ndao.

Namun, lanjutnya, manakala masih ada yang mau menyumbang, silahkan diantar ke SMPK Frateran Ndao.

"Akhirnya duka sesama duka kami juga. Kami menyadari apa yang kami berikan tidak seberapa, namun kami telah memberi dengan tulus hati," tutup Frater Yohanes. 


Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Murid dan Orangtua SMPK Frateran Ndao Ende Kirim Bantuan Korban Bencana Adonara dan Lembata
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola


Berita Lainnya