Berita
Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah SMPK Frater Maumere

Ditulis tanggal 18 Jul 2022 11:04:05


Ketua Yayasan Mardi Wiyata Pusat Malang,Frater M. Polikarpus, BHK, S.E, M.Pd memimpin acara serah terima jabatan Kepala Sekolah (Kasek) SMPK Frater Maumere dari Frater M. Herman Yoseph, BHK, S.Pd kepada Frater M. Sebastianus, S.Ag, MM yang berlangsung di lembaga pendidikan itu, Rabu (13/7/2022).

Pada hari yang sama juga dilangsungkan serah terima jabatan Sebelumnya Kepala Yayasan Mardi Wiyata Sub Perwakilan Maumere dari Frater M. Herman Yoseph, BHK, S. Pd kepada Frater M. Oswaldus, BHK, S.Pd., M.M.

Pantauan media ini mencatat bahwa jalannya acara serah terima yang dipandu  dua Master of Ceremony (MC)  SMPK Frater Ibu Yasinta Bhiju Dapa, S.Pd. dan Ibu Dewi Indah Rosario, S. Pd. berjalan dalam suasana kekeluargaan dan persaudaraan.

Rangkaian acara diawali dengan doa yang dipimpin Ibu Oktaviana Nona Yeni, S. Fil., menyusul Himne Bunda Hati Kudus, lagu  Indonesia Raya dan lagu Maju Terus yang dinyanyikan oleh para Frater, Bapak/Ibu guru, Pegawai, Karyawan/i, pengurus OSIS SMPK Frater dan hadirin semuanya.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Kepala Yayasan Mardi Wiyata Malang oleh Bapak  Marselinus Tonge, S.Pd. tentang pengangkatan dan pemberhentian dengan hormat Kepala Yayasan Mardi Wiyata Sub Perwakilan Maumere. Sebelumnya, Kepala Yayasan Mardi Wiyata Sub Perwakilan Maumere dijabat oleh Frater M. Herman Yoseph, BHK, S. Pd., dan kini dijabat oleh Frater M. Oswaldus, BHK, S.Pd., M.M. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Ibu Anita Melandra Putri, S.Pd. tentang pengangkatan dan pemberhentian dengan hormat Kepala SMP Katolik Frater Maumere. Kepala SMP Katolik Frater Maumere sebelumnya dijabat oleh Frater M. Herman Yoseph, BHK, S.Pd., kini tongkat kepemimpinan tersebut diserahkan kepada Frater M. Sebastianus, BHK, S. Ag. M.M. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan Berita Acara oleh Ibu Nana Oktaviana, S.Pd. dan sekaligus penyerahan dokumen sekolah dari Kepala sekolah demisioner, Frater M. Herman Yoseph, BHK, S.Pd. kepada Frater Kepala   Sekolah baru, Frater M. Sebastianus, BHK, S. Ag., M.M. Adapun saksi-saksi dalam acara serah terima jabatan ini, yaitu Bapak Petrus Yeriko Lumateti, A.Md., sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum dan Bapak Adrianus Bareng, S. Pd., sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Hubungan Masyarakat.

Frater M. Herman Yoseph, BHK, S. Pd. dalam sambutannya antara lain mengisahkan pengalamannya selama mengabdi di SMPK Frater Maumere.” Selama 9 tahun saya memimpin SMP Katolik Frater Maumere. Saya mengetahui dan mengenal SMP Katolik Frater Maumere sebagai sekolah yang berkualitas dan favorit dari koran. Dan ini benar adanya. Selama masa kepemimpinan, saya merasa bangga dengan semangat, kerja sama, kekompakan, kolaborasi antara Bapak/Ibu guru, pegawai dan Karyawan/i.   Bapak/Ibu guru selalu kreatif, inovatif dan cepat tanggap terhadap setiap situasi. Oleh karena itu, saya patut menyampaikan syukur kepada Tuhan dan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru, Pegawai dan Karyawan/i. Terima kasih kepada Kongregasi  Frater Bunda Hati Kudus dan Yayasan Mardi Wiyata yang sudah mempercayakan saya selama kurang lebih sembilan tahun untuk memimpin SMP Katolik Frater Maumere,” kata Frater Herman Yoseph.

Frater Herman Yoseph mengakui bahwa selama 9 tahun mengabdi di Spater Maumere, ia menjalankan visi kongregasi dan visi yayasan demi pertumbuhan dan perkembangan anak didik. “Selamat bertugas Frater M. Sebastianus, BHK, S. Ag. M.M,” katanya.

Sementara Kasek Baru Spater Maumere, Frater M. Sebastianus, BHK, S.Ag, M.M. dalam sambutannya antara lain menyampaikan puji dan syukur kepada Tuhan atas berkat-Nya, kita semua bisa mengikuti acara serah terima jabatan pada hari ini.

Frater Sebastianus mengakui bahwa menjadi pemimpin di sekolah besar bukan hal yang gampang. “Kita harus menjadi pribadi adaptif dan pancasilais terutama dalam menghadapi perubahan dan perkembangan teknologi yang kian pesat. Dunia berubah dan kita pun berubah di dalamnya. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua para Guru, Pegawai, Karyawan/i, Komite dan Yayasan, kita terus berkolaborasi untuk kemajuan pendidikan. Dalam kebersamaan kita bisa melakukan hal-hal yang besar demi kemajuan pendidikan,” kata Frater Sebastianus.

BACA JUGA :  Hunian Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Sedangkan Kepala Yayasan Mardi Wiyata Malang, Fr. M. Polikarpus, BHK, S.E, M.Pd.dalam sambutannya menyampaikan tiga hal penting yang perlu diperhatikan seorang pemimpin yakni harus tahu apa yang mau dicapai lewat visi dan misi, harus punya kompetensi akademik dan harus mempunyai integritas.

Frater Poli yang pernah menjadi Kepala SMAK Frater Maumere ini mengingatkan komponen Spater dan Yayasan agar tidak boleh terus merasa nyaman dengan apa yang diperoleh tetapi terus kreatif dan inovatif dalam membuat terobosan-terobosan baru demi kemajuan pendidikan.

Frater Poli di akhir sambutannya menyampaikan terima kasih terima kasih kepada Frater M. Herman Yoseph, BHK, S.Pd. dan selamat bertugas kepada Frater M. Sebastianus, BHK, S.Ag., M.M. sebagai Kepala SMP Katolik Frater Maumere yang baru.

Acara serah terima jabatan Kasek Spater ini dimeriahkan dengan kemasan acara kreatif yang dibawakan oleh Spater dancer dan penyanyi tunggal Helda Banabera. Acara ditutup dengan santap siang bersama dalam suasana penuh kekeluargaan dan dilanjutkan dengan ja’i dan gawi bersama.

Artikel ini telah tayang di pojokbebas.com dengan judul "Ketua Yayasan Mardi Wiyata Malang Serahterimakan Jabatan Kasek SMPK Frater Maumere"


Berita Lainnya