SEKOLAH Unit Kerja : SMPK. ANGELUS CUSTOS SURABAYA @ Yayasan Mardi Wiyata


SEKOLAH
SMPK. ANGELUS CUSTOS SURABAYA


SEJARAH SINGKAT SEKOLAH DAN TAHUN BERDIRI:
          Sekolah yang dibuka tanggal 1 Agustus 1948, pada jaman pendudukan Belanda, dirintis oleh dua orang frater, yaitu Frater Salesius dan Frater Maxentius. Waktu itu sekolah diberi nama MIDDLEBARE SCHOOL (MS), artinya Sekolah Menengah. Dipergunakan dua ruang kelas pada suatu gedung milik Keuskupan Surabaya, yang terletak di Jalan Ketabang No. 3 (kini Jalan Residen Sudirman) sekolah dimulai dengan dua kelas dan semua murid pria.
          Pada pertengahan tahun 1949 sekolah diakui oleh pemerintah dengan pemberian subsidi gedung yang terdiri 4 ruang dan bukan milik sendiri, kemungkinan pembangunan gedung baru di tempat itu tidak ada. Maka dicarilah lokasi baru untuk pemekaran lebih lanjut.
          Akhirnya ditemukan tempat baru di Jalan Niaga Dalam No. 5 sebuah gedung tua sebuah asrama dan sekolah milik Suster Ursulin. Gedung dalam keadaan kosong ditinggalkan oleh pemiliknya, gedung yang telah berumur kira-kira satu abad dalam keadaan kosong tidak terawat.
          Gedung diambil alih oleh pemiliknya kemudian dipugar seperlunya. Gedung induk digunakan untuk biara para Frater, disampingnya ada gedung berlantai dua. Bagian lantai pertama dapat dipakai untuk 9 ruang kelas dan ruang kantor. Lantai kedua dipergunakan tempat asrama para siswa.
          Pada pertengahan 1950 sekolah dipindahkan ke tempat yang baru, sekolah juga mendapat nama baru SMPK ANGELUS CUSTOS yang berarti Malaikat Pelindung.
          Gedung dapat bertahan 33 tahun lamanya, namun akhirnya keadaannya begitu parah. Pada tahun 1982 Yayasan persekolahan memutuskan untuk mendirikan gedung baru. Direncanakan agar sekolah dapat menampung murid sebanyak 12 kelas, dengan adanya gedung baru maka terbuka kemungkinan untuk menerima murid putri.
          Setelah gedung baru selesai dan mulai ditempati, gedung lama dibongkar untuk memberi tempat pembangunan aula dan ruang-ruang lainya yang diperlukan. Dengan datangnya banyak peminat untuk masuk SMPK ANGELUS CUSTOS dengan bantuan para orang tua / wali peserta didik, maka dibangun 6 ruang baru sehingga sekolah terdiri dari 25 kelas, diselenggarakan pada pagi dan sore hari. Saat ini ada sekitar 21 kelas dengan jumlah peserta didik perkelas rata-rata 40 peserta didik yang diselenggarakan hanya pagi hari saja.
Dan sekolah ini dari awal berdiri sampai sekarang dipimpin oleh para Frater dibawah naungan YAYASAN MARDI WIYATA.


JL. NIAGA DALAM NO. 5 SURABAYA Krembangan Selatan, Krembangan
Kota Surabaya, Jawa Timur (60175)

P: +62313523758

F: 3540845

E: smpkac1@gmail.com

U: http://www.smpkangeluscustos1.sch.id