SEKOLAH Unit Kerja : SD Katolik Frateran I Kediri @ Yayasan Mardi Wiyata


SEKOLAH
SD Katolik Frateran I Kediri


SEJARAH SINGKAT SDK FRATERAN 1 KEDIRI:
          SD Katolik Frateran I Kediri, didirikan oleh keempat Frater BHK pertama yakni Fr. M. Theodorus Van Geijn, Fr. M. Borgias Tekaprayitna, Fr. Dorotheus, dan Fr. M. Adolfus Dwijowasito, tepatnya pada tanggal 01 Juli 1939 dengan nama “ FRATERAN SCHOOL”.
          Sekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak pribumi yang terlantar dan terpinggirkan di kota Kediri dan sekitarnya akibat diskriminasi pendidikan zaman colonial Belanda, serta didukung dengan permintaan resmi Mgr.Verhoek Prefek Apostolik Surabaya kepada pimpinan kongregasi frater BHK.
          Sebuah rumah tua sederhana yang disewa di jalan Ringin Sirah (daerah perkotaan) menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan belajar dengan sistem perencanaan pembelajaran HIS. Mengingat lokasi kegiatan belajar yang kurang nyaman, maka pada Oktober 1939 para frater membeli dan membuka lahan kegiatan belajar di jalan J.A. Suprapto 4. Karya pendidikan ini cukup berkembang hingga tahun 1942 saat belanda menyerah kepada Jepang.
          Akibat kebijakan pendidikan yang bermuatan politis, termasuk para Frater yang diduga melawan aturan jepang, maka sekolah digunakan jepang. Para Frater di jebloskan ke penjara dan anak-anak dipulangkan. Hal ini berlangsung hingga Jepang menyerah kalah pada Agustus 1945.
          Memasuki masa kemerdekaan tidak serta merta sekolah ini berjalan normal, karena lokasi masih dipakai jepang, maka operasional sekolah beberapa saat berlangsung di daerah Ngampel, wilayah sebelah Utara kota Kediri, sebelum kembali ke jalan J.A. Suprapto 4.
          Kemauan yang kuat dan berkomitmen tinggi pada pelayanan, Fr. M. Adolfus sebagai pimpinan lihai menarik simpatik dan kepercayaan masyarakat. Hal ini terbukti dengan membludaknya kehadiran siswa baru pada tahun sekitar 1948 (yang mendorongnya untuk mendirikan SD Frateran II).
Perjalanan sekolah semakin terkenal dan membanggakan berkisar antara tahun 1960 – 1980 an, di bawah kepemimpinan Fr. Adolfus, Fr.Rumoldus, Fr.Achilles, FB. Sabari, D. Soekadi, Imam Djoko Purnama, Fr. Hyginus, Fr. Borgias. Nama-nama mereka tetap dikenang alumnus yang terkesan dengan kepribadian dan pelayanan mereka. Alumnus bangga bisa mengenyam pendidikan di SD Frateran I yang dilayani oleh mereka dan para Frater Bunda Hati Kudus.


Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 4 Kediri Mojoroto, Mojoroto
Kota Kediri, Jawa Timur (64112)

P: +62354-775656

E: sdkfrateran1kdr@gmail.com