MUSEUM ZOOLOGI Unit Kerja : MUSEUM ZOOLOGI VIANNEY @ Yayasan Mardi Wiyata


MUSEUM ZOOLOGI
MUSEUM ZOOLOGI VIANNEY


PUSAT PEMBELAJARAN
MUSEUM ZOOLOGY VIANNEY
 
Museum Frater M.Vianney,BHK merupakan salah satu karya pendidikan Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus berdiri sejak tahun 1985. Bermula dari meneladani sang guru yakni Frater M. Vianney,BHK,  frater pengajar bidang studi ilmu hayat (Biologi). Frater M. Clemens, BHK mewarisi ilmu dan juga hobi yang sama, yaitu mendalami bidang studi hayati serta mengoleksi reptil dan cankang moluska. Dari tahun ke tahun koleksi barang-barang hayati ini terus bertambah. Setelah melalui proses penyusunan dan kalsifikasi terhadap barang-barang koleksi yang ada, pada tanggal 27 November 2004 dilakukan soft opening kepada khalayak umum dengan nama Museum Zoologi Frater M.Vianney,BHK untuk mengenang jasa beliau.
 
Museum Zoologi Frater M.Vianney,BHK merupakan tempat atau sarana belajar tentang berbagai hewan. Dengan memegang teguh motto: “Scientia Ad Laborem”, dari bahasa Latin yang artinya; “Ilmu Pengetahuan yang diabdikan dalam karya nyata di masyarakat”. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan berbagai jenis hewan yang telah di awetkan dan cangkang-cangkang moluska serta beberapa hewan hidup untuk pembelajaran pengamatan perilaku hewan, sehingga keberadaan Museum Zoologi Frater M.Vianney,BHK dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta didik atau masyarakat luas yang ingin menambah pengetahuan.
 
Pembelajaran dan kunjungan di Museum dari hari Senin sampai Sabtu pukul 07.00 – 14.00 wib. Program dan kegiatan belajar dibagi dalam dua kelas yakni; kelas vertebrata atau Tulang belakang seperti; pisces, amfibi, reptil, aves, mamalia dan kelas avertebrata atau tidak bertulang belakang seperti; moluska dan lain-lain. Paket pembelajaran yang tersedia di Museum Zoologi ini adalah dari tingkat TK,SD,SMP,SMA serta penelitian dari Perguruan Tinggi.
 
Museum zoologi Frater M.Vianney,BHK memiliki staff edukasi yang siap memandu para peserta didik dan masyarakat yang datang mengunjungi museum ini. Museum Zoologi telah terdaftar di Direktorat Keanekaragaman Hayati Departemen Kehutanan Republik Indoensia dan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Bergabung dalam Asosiasi Museum Indonesia (AMI) dan UMAC International committee for university museums and collections.*
 
 


Jln. Mahameru VE 7 no.10 Tidar Karangwidoro, Dau
Kabupaten Malang, Jawa Timur (65151)

P: +62(0341) 558965 - +62081216317595

F: 0341-558965

E: mardi_wiayat@yahoo.co.id