SEKOLAH Unit Kerja : SMPK. FRATERAN CELAKET 21 MALANG @ Yayasan Mardi Wiyata


SEKOLAH
SMPK. FRATERAN CELAKET 21 MALANG


SEJARAH BERDIRINYA SMP KATOLIK FRATERAN CELAKET 21 MALANG:
           SMP Katolik Frateran Celaket 21 adalah satu dari 22 sekolah yang berada dalam asuhan Yayasan Mardi Wiyata. Sekolah yang semula bernama HCS (Holland Chinese School) ini berdiri secara resmi tahun 1948, tepatnya pada 29 Desember 1948. Sekolah yang pada awalnya hanya menerima murid laki-laki ini semula berlokasi di seberang sungai Brantas (kini SMUK Frateran Malang) hingga tahun 1990. Kini sekolah yang dulu lebih dikenal dengan sebutan ”SMP Celaket” ini menempati gedung tertua milik Frater BHK di Malang, tepatnya Jalan Jaksa Agung Suprapto 21, yang juga merupakan biara induk dari Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus di Indonesia. Gedung yang sangat artistik ini kini bukan saja menjadi kekayaan biara, tetapi juga milik masyarakat, bahkan oleh pemerintah digolongkan sebagai bangunan kuno (cagar budaya) yang harus dilindungi. Gedung yang berciri khas cat bata merah ini didirikan pada tanggal 12 September 1928 dan diberkati oleh Mgr. Clemens v. d. Pas (Prefek. Apost. Malang) pada tanggal 10 Februari 1929.
           Pada tahun 2003 SMP Katolik Celaket 21 secara resmi berubah nama menjadi SMP Katolik Frateran Celaket 21. Sekolah yang rata-rata tiap tahun memiliki total 9 kelas ini merupakan satu sekolah tertua yang dirintis oleh para Frater Bunda Hati Kudus dan merupakan satu dari sekian sekolah lain yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya Palembang (Sumsel), Kediri, Malang, Surabaya (Jawa), Ndao, Maumere, Podor (NTT), Sumba dan Nunukan (Kalimantan Utara). Yayasan Mardi Wiyata adalah yayasan pendidikan yang didirikan oleh Kongregasi Frater BHK sebagai wahana pengabdian para Frater bagi kaum muda khususnya.
           Dalam kurun waktu yang tidak singkat ini tentunya banyak hal telah dicatat, perubahan dan perkembangan, prestasi serta hambatan. Ketika didirikan sekolah ini bernama HCS, setara dengan Sekolah Dasar, dan khusus menerima murid laki-laki, baru tahun 1975 menerima murid perempuan. Maka berkembanglah sekolah ini menjadi besar yang lulusannya layak berbangga. Di era sembilan puluhan sekolah-sekolah katolik mulai mendapat saingan dari sekolah-sekolah lain yang berkembang dengan pesat. SMP Celaket menyadari hal ini sebagai cambuk untuk memacu prestasi, agar dapat bertahan dan berkembang serta menunjukkan jati dirinya di tengah persaingan itu.
           Dengan Visi : ”Terwujudnya Insan cerdas, terampil, berkepribadian, unggul dalam IPTEK, beriman dan berbudaya lingkungan berlandaskan hati yang mencinta”. Para siswa ingin dibawa menuju manusia yang berkualitas, baik secara akademis, ketrampilan, tetapi juga kepribadiannya. Untuk dapat mencapai visi tersebut kini sekolah mengemas program terpadu, yang memadukan kegiatan intra kurikuler, ekstra kurikuler serta pendampingan pribadi. Dari sudut kegiatan intra kurikuler, kecuali mengikuti kurikulum standar nasional, SMP Celaket juga menyisipkan program muatan lokal Kemardiwiyataan dan Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai upaya mengantisipasi kebutuhan masa depan. Walaupun sudah diajarkan dalam program intra, namun bahasa-bahasa asing serta Komputer masih ditawarkan melalui kegiatan ekstra kurikuler. Kecuali itu kegiatan ekstra juga mencakup bidang olah raga (Basket, futsal dll), seni musik, bina vokalia, seni tari, fashion dll.
           Di balik kegiatan intra maupun ekstra kurikuler, sekolah memandang perlu menanamkan nilai-nilai yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian dan pembinaan karakter, karena itu kecuali ada program Bimbingan dan Konseling, sekolah juga menerapkan Tata Tertib secara ketat. Dibarengi dengan berbagai kegiatan luar sekolah, seperti perkemahan pramuka, gladi rohani, life inn, wisata dan studi lapangan diharapkan dalam kurun waktu tiga tahun para siswa akan terbentuk menjadi remaja-remaja yang berkualitas.
           Pada tahun pelajaran 2014 - 2015 sekolah ini telah memasuki usia 66 tahun. Sekolah secara prioritas, menargetkan lulusan yang berkualitas, yakni manusia-manusia dewasa yang memiliki kepribadian dan keimanan kokoh serta memiliki karakter kuat sebagai calon-calon pemimpin masa depan. Selama kurun waktu 66 tahun itu sekolah ini telah silih berganti dipimpin oleh berbagai tipe kepemimpinan kepala sekolah. Tercatat nama-nama yang telah berjasa memimpin sekolah ini : Fr. M. Clementinus, BHK, Fr. M . Samuel, BHK, Fr. Fredericus, BHK, Bp. Kang Siu San, Fr. M. Ireneus, BHK, Bp. A. Karjadi, Bp. Herman Saidi, Bp. Drs. Ig. Marhadi, Fr. M. Gaudensius, BHK, Fr. M. Christoforus, BHK, yang memimpin tahun 2001 – 2003, Fr. M. Adriano, BHK, th 2003 – 2005, dan sejak Agustus 2005 dipimpin oleh Bp. Markus Basuki, M. Pd.


JL. JAKSA AGUNG SUPRAPTO NO. 21 MALANG Samaan, Klojen
Kota Malang, Jawa Timur (65112)

P: +62341354757

E: smpkfrateranc21malang@yahoo.com