Berita
SD Katolik Mardi Wiyata 1 Malang GELAR PERKEMAHAN SAAT PENERIMAAN RAPOR KENAIKAN KELAS

Ditulis tanggal 15 Jun 2023 13:53:48


 
Pada Rabu, 14 Juni 2023, SD Katolik Mardi Wiyata 1 Malang melaksanakan penerimaan rapot kenaikan kelas tahun pelajaran 2022-2023 dengan konsep yang unik dan menarik. Mengusung tema “ON TOP OF VICTORY” taman edukasi di bawah naungan Yayasan Mardi Wiyata tersebut melaksanakan penerimaan rapor di halaman terbuka (outdoor) dengan konsep perkemahan (camping) ala pramuka. Kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto 21. Deretan tenda dipasang sebagai basecamp pembagian rapor. Bendera merah-putih, bendera regu, dan bendera ciri khas pramuka lainnya bertebaran di seluruh arena perkemahan semakin menambah kemeriahan acara tersebut. Seluruh peserta mengenakan dresscode adventure style, sebagaimana pelaksanaan sebuah perkemahan pramuka.
Albertus Suhariyanto, S.Pd, selaku ketua panitia, mengungkapkan bahwa konsep pembagian rapor kenaikan kelas tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada umumnya penerimaan rapor dilaksanakan secara formal di kelas masing-masing. “Bersama teman-teman guru dan pegawai, kami mengonsep acara penerimaan rapor tahun ini secara lebih santai. Dilaksanakan secara outdoor dengan konsep camping seperti ini memberi warna baru bagi orang tua dan anak-anak agar lebih menikmati perayaran kesuksesan mereka ini,” jelas Pak Yanto. Lebih lanjut ketua panitia yang juga wali kelas 5A ini mengatakan bahwa konsep acara penerimaan rapor seperti ini juga merupakan upaya sekolah untuk menghilangkan ketegangan yang dirasakan anak-anak yang selama setahun mereka lelah belajar dan mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah.
Acara dimulai pada pukul 17.00 WIB. Setelah melakukan seremoni pembuka, secara serentak pembagian rapor dilaksanakan. Orang tua membawa karcis sebagai “tiket” dan dilayani di depan tenda masing-masing. Prosesnya berjalan tertib dan lancar. Tidak banyak memerlukan waktu karena proses pendampingan dan pengarahan orang tua peserta didik yang perlu pendampingan khusus, sudah dilakukan sebelumnya.
Perayaan prestasi ini dimeriahkan oleh live music persembahan dari grup musik “MW & Friends” – yang tampil all out di atas panggung di area perkemahan. Grup musik ini beranggotakan para guru dan peserta didik dari SMP Katolik Mardi Wiyata Malang. Sekolah yang dikenal juga dengan sebutan “SMP Semeru” ini tampil luar biasa dari awal hingga acara berakhir.
“Kami merasa terhormat diundang khusus untuk memeriahkan acara penerimaan rapor yang dilaksanakan dengan konsep kreatif seperti ini. Kami juga merasa gembira karena ikut menikmati kehangatan keluarga besar SDK Mardi Wiyata 1. Melihat anak-anak gembira karena naik kelas, kami juga ikut gembira. Kami menunggu anak-anak yang lulus dari sekolah ini, belajar bersama kami di SMP Katolik Mardi Wiyata,” ungkap Pak Dika, guru SMPK Mardi Wiyata yang juga menjadi vocalis “MW & Friends”.
Sementara itu, Fr. M. Walterus Raja Oja, BHK, selaku kepala sekolah mengungkapkan kegembiraannya. “Saya gembira sekali melihat para orang tua dengan wajah ceria menerima hasil belajar anak-anak mereka. Lebih-lebih saya gembira menyaksikan kepolosan dan keceriaan anak-anak merayakan prestasi yang mereka dapatkan di penghujung tahun pelajaran ini. Setelah satu tahun mereka berjuang, mereka semua naik kelas. Saya kira, ini merupakan prestasi yang perlu dirayakan. Ini merupakan puncak kemenangan yang perlu disambut dengan gembira,” ungkap Fr. Walter.
Lebih lanjut Fr. Walter mengapresiasi atas kreatifitas dan kerja keras seluruh rekan kerjanya, guru-guru dan pegawai, merancang acara penerimaan rapor ini. Harapannya, penerimaan rapor kenaikan kelas tahun mendatang lebih kreatif dan lebih meriah lagi. Hal itu juga menjadi harapan sekolah dan harapan orang tua peserta didik.
Perayaan prestasi SD Katolik Mardi Wiyata 1 Malang tahun 2023 disempurnakan dengan penyalaan api unggun. Para guru dan pegawai, orang tua, dan peserta didik berdiri melingkari api unggun yang berada di tengah-tengah perkemahan. Selaku kepala sekolah, Fr. Walter menyalakan api unggun. Tepukkan tangan meriah yang diiringi riuhan sukacita membahana di tengah lapangan sekolah tatkala api unggun menyala. Di tengah nyala api yang berkobar-kobar, doa-doa dan harapan-harapan terbaik dipersembahkan kepada Yang Mahakuasa agar semangat anak-anak di jenjang berikutnya semakin membara bagai kobaran api di hadapan mereka. Dan, lembaga pendidikan SD Katolik Mardi Wiyata 1 Malang terus berkembang, sehingga banyak orang tua mempercayakan putra-putri mereka menerima layanan pendidikan di sekolah ini.

Malang, 15 Juni 2023
Tim Publikasi SDK Mardi Wiyata 1 Malang 


Berita Lainnya