Berita
Cerita Henny Kapten Timnas Basket Putri RI Cetak Sejarah di SEA Games Kamboja

Ditulis tanggal 14 Jun 2023 11:52:35


Henny Sutjiono, atlet basket putri ini berhasil mengukir sejarah dengan meraih medali emas bersama Timnas Indonesia di SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja beberapa waktu lalu.
 
 
Henny mengungkapkan, bahwa ia telah mencintai basket sejak masih di Sekolah Dasar. Ia sering bermain basket dengan teman-teman laki-lakinya. Bakatnya semakin terasah saat ia menginjak usia 14 tahun, dimana Henny mulai bergabung dengan klub basket saat masih bersekolah tingkat SMP.
 
Perjalanan karir Henny semakin menanjak saat ia bergabung dengan tim basket sekolah SMAK Frateran Surabaya. Dimana ia berhasil meraih berbagai juara di beberapa kompetisi termasuk salah satunya Developmental Basketball League (DBL).
 
"Setelah lulus dari SMAK Frateran Surabaya, saya mendapatkan tawaran untuk menjadi bagian dari tim profesional yang baru terbentuk kala itu yaitu Surabaya Fever. Saya di situ terkejut kerena sangat berbeda bermain di tingkat amatir dengan profesional, baik dalam gaya bermain maupun pola pikir," ujar Kapten Timnas Basket Putri Indonesia ini, Senin (12/6).
 
 
"Jadi saya harus beradaptasi dengan gaya bermain yang berbeda ini. Saya belajar banyak dari pemain senior yang memberikan bimbingan kepada saya kala itu," imbuhnya.
Pada tahun 2015, Henny mendapat kesempatan pertamanya untuk mengikuti seleksi Timnas Basket Putri untuk mewakili Indonesia di ajang SEA Games 2015 di Singapura. Akan tetapi ia memilih untuk mengundurkan diri karena harus menyelesaikan skripsinya karena telah memasuki semester akhir kuliah di Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.
 
Meski begitu, berkat konsistensi permainannya di lapangan, membuatnya mendapatkan kesempatan kedua karena kembali dipanggil untuk mewakili Indonesia dalam SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam ajang tersebut ia dan kawan-kawannya membawa Indonesia meraih medali perunggu.
 
Sejak saat itu, Henny terus dipercaya untuk mewakili timnas Indonesia pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina, dan meraih medali perunggu, serta SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, meraih medali perak. Sampai akhirnya ia berhasil meraih medali emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2023 yang baru saja berlangsung di Kamboja.
 
 
Henny mengungkapkan bahwa ia menjadi salah satu pemain termuda ketika pertama kali memperkuat timnas pada tahun 2017. Dalam perjalanannya bersama timnas, Henny mengalami kemajuan signifikan dalam skill individu dan kerja sama tim.
 
"Kami telah melalui proses panjang untuk mencapai level ini. Pada tahun 2023, kami merasa semakin kompak dan memiliki keahlian yang lebih matang dalam bertahan dan menyerang. Pemain naturalisasi yang bergabung dengan timnas juga telah memberikan kontribusi yang signifikan," ungkap Henny.
 
Henny juga mengakui bahwa medali emas ini merupakan hasil dari upaya dan kerja keras seluruh tim. Selama sembilan bulan sebelum berangkat ke Kamboja, mereka telah menghadapi tekanan dan bekerja keras dalam melakukan persiapan.
 
Henny merasa lega dan bangga atas pencapaian ini serta menganggapnya sebagai penghargaan atas perjuangan yang telah mereka lalui.
 
 
Sebagai seseorang yang memiliki passion dalam bermain basket sejak kecil, Henny merasa terbiasa dengan jadwal latihan yang padat. Ia mengakui bahwa pemerintah memberikan apresiasi yang besar terhadap prestasi para atlet, termasuk mereka yang meraih medali. Baru-baru ini, Henny bersama timnya menerima bonus dan penghargaan dari Presiden Joko Widodo.
 
"Kami sangat menghargai dukungan pemerintah. Kami telah menerima apresiasi yang luar biasa, termasuk undangan untuk bertemu Presiden dan bonus yang dijanjikan kepada para atlet yang meraih medali emas. Ada rencana untuk mengirim timnas basket Indonesia ke Asian Games sebagai wakil dari negara kita," ungkap Henny.
 
Henny menyadari bahwa persaingan di tingkat internasional, terutama di Asia, akan menjadi lebih sulit. Namun, ia dan timnas basket Indonesia siap berjuang dan memberikan yang terbaik. Mereka berharap dapat menampilkan kemampuan terbaik mereka dan berusaha keras untuk meraih medali di tingkat yang lebih tinggi.
 
 
"Di ajang Asian Games nanti tentu persaingan akan sangat ketat. Kami akan berusaha menjadi tim yang kompak dan mengeluarkan seluruh kemampuan yang kami miliki. Meraih medali memang tidaklah mudah, tetapi kami akan bekerja keras dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia," pungkasnya.
 
Henny pun tak pelit ilmu. Ini dilakukannya dengan berbagi kisah kepada pelajar SMAK Frateran Surabaya. Henny ingin memotivasi serta membangkitkan minat bakat siswa-siswi dalam olahraga basket.
 

"Kehadiran Henny semoga dapat memompa semangat siswa-siswi kami sebagai seorang pejuang. Apalagi bisa sampai mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional seperti ini tentu kami sangat bangga sebagai seorang guru," harap Kepala SMAK Frateran Surabaya, Fr Wilhelmus Sura BHK S Pd MM.

Artikel ini telah tayang di kumparan.com dengan judul "
Cerita Henny Kapten Timnas Basket Putri RI Cetak Sejarah di SEA Games Kamboja"


Berita Lainnya