SEKOLAH Unit Kerja : SD Katolik Mardi Wiyata 1 Malang @ Yayasan Mardi Wiyata


SEKOLAH
SD Katolik Mardi Wiyata 1 Malang


SEJARAH SINGKAT SEKOLAH DAN TAHUN BERDIRI :
          SDK Mardi Wiyata I adalah sekolah Dasar Katolik yang berada di jantung Kota Malang. Sejak semula sekolah ini dikenal dengan sebutan SDK Cor Jesu Putra dengan kepala sekolah kala itu adalah Mer Salfator (tahun 1958 – 1967). Tahun 1968 tepatnya tanggal 1 Januari, sekolah ini dilimpahkan kepada Kongregasi Frater Bunda Hati Kudus. Dengan demikian sejak dilimpahkan ketangan para Frater BHK, namanya bukan lagi Cor Jesu Putra melainkan dengan sebutan SDK Mardi Wiyata. Oleh karena belum memiliki gedung sendiri SDK Mardi Wiyata ini, bergabung dengan SD Latihan di Jln. Semeru No. 36 milik para Frater BHK dengan kepala sekolah Fr. M. Sarto, BHK, (Tahun 1968 – 1972). Sejak tahun 1972, SD ini memisahkan diri dari SD Latihan dan menempati tempat baru di Jln. Jaksa Agung Suprapto No. 21 Malang, dengan kepala sekolah Pjs Bapak Antonius Mustoyo (Tahun 1972 – 1991). Dalam perkembangan selanjutnya SDK Mardi Wiyata ini dilengkapi dengan nama SDK Mardi Wiyata I Malang. Hal ini terjadi karena adanya alih fungsi SPGK Celaket 21 Malang menjadi SMAK Frateran Malang, yang harus diikuti pula perubahan nama SD Latihan SPGK Semeru 36 menjadi SDK Mardi Wiyata II Malang. Namun nama SDK Mardi Wiyata I ini, ternyata kurang begitu diketahui oleh masyarakat sekitar, orang lebih akrab dengan sebutan SDK Frateran atau SDK Celaket 21 Malang, karena sekolah ini berada di kompleks : ( SMPK Frateran, SMAK Frateran dan Biara Frateran BHK ). Oleh karena itu, untuk menghindari kerancuan masyarakat terhadap sekolah ini, maka nama tersebut sering digabung menjadi SDK Mardi Wiyata I Frateran Malang. (meskipun bukan nama resmi).
         Seiring dengan perjalanan waktu terjadi pergantian pucuk pimpinan pada unit kerja SDK Mardi Wiyata I Frateran, dari pejabat lama Bapak A. Mustoyo ke pejabat baru Fr. M. Marselinus, BHK (Tahun 1991 – 1996). Dari Tahun 1996 – 2002, Lembaga ini dipimpinan oleh Ibu Hermien Rosalina, S.Pd menggantikan posisi Fr.M. Marselinus, BHK yang menerima tugas baru dari kongregasi BHK. Tahun 2002 – 2004 terjadi pergantian pimpinan lagi dari Ibu Hermien Rosalina ke Bapak Pius Agus Sunariyadi, S.Pd. Dari tahun 2004 – 2014, tongkat estafet kepemimpinan di percayakan kepada Bapak Drs. Agustinus Marsim Widyanto. Tahun 2014 Fr M. Faustinus, BHK. S.Pd menggantikan Pak Agustinus Marsim Widyanto untuk menjadi Kepala Sekolah di SDK Mardi Wiyata 1 Malang.
         SDK Mardi Wiyata I Malang, memiliki Visi dan MISI SEKOLAH yang jelas dengan semangat yang tinggi untuk membangun diri. Dengan usia yang cukup, sekolah ini telah banyak meluluskan ribuan siswa dan mencetak pribadi-pribadi yang mantap dan kokoh menjadi para pemimpin masyarakat, baik lokal maupun nasional. Lembaga ini hingga saat ini terus berupaya membenahi dirinya agar menjadi salah satu sekolah yang berkualitas, sehingga tetap menjadi pilihan serta kebanggaan masyarakat kota Malang.


Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 21 Malang Samaan, Klojen
Kota Malang, Jawa Timur (65112)

P: +62341 - 355909

E: sdkmw1@yahoo.co.id